News

Cable Cage Solusi Tepat Dalam Cable Management

Cable Cage

Cable cage diperlukan dalam sebuah proyek konstruksi, khususnya saat memasuki proses instalasi listrik pada sebuah bangunan. Ini merupakan bagian yang sangat penting dalam penentuan hasil proyek bangunan yang dikerjakan. Jika instalasi listrik dikerjakan dengan cara yang baik dan benar, maka bangunan yang dikerjakan pun hasilnya akan sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya.  Karena hal ini merupakan bagian yang berhubungan dengan tugas perencanaan pada bidang konstruksi.

Perancangan instalasi listrik yang baik dapat memberikan kenyamanan dan memenuhi faktor keselamatan. Kita tidak mengharapkan ada kejadian kabel yang bisa membuat tersandung ketika berjalan di tengah koridor. Perancangan instalasi listrik yang baik juga dapat mengatur efisiensi penyaluran daya sehingga tak ada daya listrik yang terbuang percuma. Tentunya tak ingin kelak titik sakelar berada di belakang lemari atau titik lampu berada terlalu dekat dengan lemari sehingga pencahayaan ruangan tidak maksimal. Pemasangan instalasi listrik yang dirancang dengan baik akan mempermudah dalam melakukan perawatan dan juga pengecekan nantinya.

Jenis desain cable cage yang beragam memberikan banyak altenatif pilihan dalam menentukan tipe cable cage yang sesuai dengan bentuk bangunan. Cable cage dengan desain perforated memiliki bentuk tertutup dan memiliki sedikit lubang ventilasi. Ada juga cable cage dengan desain wiremesh yang memiliki bentuk seperti pagar jaring sehingga bagian kabel dapat dilihat dengan jelas.

Selain itu, variasi cable cage juga dapat dipilih dari ukurannya. Seperti cable cage dengan bentuk ladder atau dengan bentuk tray.

Bevananda

cable cage

Beva® Cable Cage merupakan perangkat cable support system yang digunakan untuk jalur pemasangan kabel listrik dan elektronik dalam memberikan perlindungan terhadap kabel supaya terlihat rapi sehingga kabel tidak saling terlilit dan tumpang tindih. Membantu mempermudah pemeliharaan sistem kabel di kemudian hari, dalam hal perbaikan, penyempurnaan dan bahkan saat ada rencana penambahan jalur kabel baru.

Beva® Cable Cage menjadi sebuah perangkat cable support system yang membutuhkan sedikit tenaga kerja dalam pemasangannya dibandingkan dengan cable support system konvensional. Dibandingkan cable cage dengan desain perforated, Beva® Cable Cage memiliki tampilan seperti mesh yang membuat kabel di dalamnya tidak panas karena desainnya yang terbuka. Selain itu, dengan desainnya yang terbuka memudahkan untuk pengecekkan tanpa harus membuka instalasi dari cable cage. Keunggulan lainnya adalah karena kemudahan dalam pemasangan, relatif ringan, sangat mudah dimodifikasi di lapangan dan menggunakan material bahan yang berkualitas.

Material sudah dilapisi dengan hotdip galvanized. Pelapisan dengan hotdip galvanized membuat material produk jadi lebih kuat dibandingkan sebelumnya. Hotdip galvanized adalah suatu metode pelapisan (coating) melalui proses pencelupan ke dalam cairan atau lelehan seng (Zn) yang menyatu dengan material besi atau baja dengan tujuan untuk meningkatkan ketahanan terhadap korosi. Seperti diketahui bahwa korosi adalah penyebab terjadinya karat. Oleh karena itu, material produk yang sudah dilapisi dengan hotdip galvanized akan terhindar dari bahaya karat. Sehingga dengan pemakaian yang wajar produk tersebut dapat bertahan hingga bertahun-tahun.

Banyak diaplikasikan dibeberapa tempat berikut ini, seperti: mall, perkantoran, warnet, pabrik, data center dan lain-lain.

Selain memiliki material bahan yang berkualitas, produk Beva® Cable Cage juga merupakan produk yang telah terstandarisasi. Dengan adanya SNI 07-0663-1995 & 07-1590-1989 dan sudah lulus uji standar ISO 9001:2015, menandakan bahwa produk ini aman dan memiliki standar kualitas terjamin untuk digunakan.

Berikut ini adalah beberapa referensi jenis fittingan yang dapat dibentuk:

1. Horizontal Elbow 900 & Long Radius Horizontal Elbow 900.

Cable cageCable cage

2. In-Side Riser (Vertical Elbow-In) 900 & Long Radius In-Side Riser (Vertical Elbow-In) 900.

Cable cageCable cage

3. Out-Side Riser (Vertical Elbow-Out) 900 & Long Radius Out-Side Riser (Vertical Elbow-Out) 900.

Cable cageCable cage

4. External Riser.

Cable cage

5. Tee Piece Equal.

Cable cage

6. Cross Piece.

Cable cage

7. Straight Reducer & Left Reducer.

Cable cageCable cage

Video detailnya dapat dilihat di youtube channel Bevananda dengan judul “Instalasi Cable Tray BEVA® Cable Cage

Untuk konsultasi, memastikan ketersediaan produk maupun sekedar bertanya-tanya.

Bisa chat WA kontak dibawah ini :

Chat WA Bevananda: 0811 1995 715

Atau kontak di:

Telp     : 021 – 641 1624
Email  : sales@bevananda.com

Untuk detail info lengkap mengenai produk cable support system BEVA® Cable Cage dapat Anda temukan di laman www.bevananda.com/bevacablecage.

Selain itu, produk ini juga sudah tersedia di marketplace seperti indotrading.

Kawat wiremesh
BEVA Mesh

Beva® Minemesh Solusi Keamanan Untuk Area Pertambangan

Kawat Wiremesh

Bekerja di perusahaan pertambangan merupakan mimpi bagi banyak orang. Tapi perlu diketahui bahwa bekerja di pertambangan memiliki risiko kecelakaan kerja yang tinggi. Oleh karena itu, sejumlah tindakan perlu dilakukan untuk meningkatkan keselamatan para penambang dan mengurangi risiko besar dikemudian hari. Seperti kita ketahui, bahwa kecelakaan pada area pertambangan tidak bisa diprediksi dan bisa kapan saja terjadi.

Dalam kegiatan penambangan, dinding pada sebuah lokasi penambangan menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan demi keselamatan para pekerja. Dinding pada sebuah lokasi penambangan yang tidak stabil dapat mengakibatkan runtuhnya area pertambangan. Hal ini dapat disebabkan oleh seismisitas/kegempaan yang diinduksi (misalnya penggunaan bahan peledak) sehingga menyebabkan terjadinya ketidakstabilan batuan di area tambang.

Kegiatan penambangan yang berada di bawah tanah mempunyai risiko kerja lebih besar dibandingkan dengan penambangan terbuka. Batuan yang rapuh adalah salah satu aspek yang harus dihindari. Berbagai cara digunakan untuk memperkuat batuan dengan berbagai metode. Akan tetapi kita tetap saja harus waspada akan adanya bahaya ini. Kalau yang runtuh hanya batuan kecil dengan jumlah yang sedikit, hal itu bukan jadi masalah besar. Tetapi akan berbeda jika yang runtuh itu adalah batu dengan ukuran besar. Untuk meminimalkan risiko itu, salah satu caranya bisa menggunakan penyanggaan batuan.

Teknik penyanggaan batuan itu biasanya diaplikasikan pada bagian tembok dan dinding yang dipasang kawat wiremesh untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti longsor, ambrol dan kejadian lainnya yang membahayakan jiwa para pekerja tambang.

BEVA® Minemesh

Kawat Wiremesh

Sebagai gambaran, BEVA® Minemesh merupakan salah satu produk dari Bevananda berupa kawat wiremesh yang digunakan khusus pada area pertambangan. BEVA® Minemesh didesain secara khusus sesuai dengan profil area tambang.

Material bahan kawat wiremesh BEVA® Minemesh ini sudah ada lapisan galvanisnya, sehingga sangat sesuai dengan karakter proyek tambang bawah tanah yang memiliki kelembaban yang tinggi. Seperti kita ketahui bahwa kelembaban tinggi itu dapat menyebabkan korosi pada lapisan logam. Masalah korosi itu dapat teratasi ketika menggunakan produk BEVA® Minemesh dengan lapisan galvanisnya. Galvanis itu sendiri merupakan lapisan anti karat yang dapat memberikan perlindungan terhadap korosi sehingga menyebabkan masa pakainya dapat bertahan hingga bertahun-tahun.

Kawat wiremesh

Selain itu, kawat wiremesh BEVA® Minemesh ini sudah mengantongi sertifikat SNI 07-0663-1995 dan 07-1590-1989 serta sistem management ISO 9001:2015. Adanya SNI dan ISO 9001:2015 menandakan bahwa produk BEVA® Minemesh ini aman dan memiliki standar kualitas terjamin untuk dapat digunakan pada wilyah pertambangan.

Jadi jangan ragu lagi ya untuk menggunakan produk kawat wiremesh BEVA® Minemesh dari Bevananda untuk diaplikasikan di proyek-proyek tambangnya Beva Friends sekalian.

Beva Friends bisa chat WA kontak dibawah ini :

Chat WA Bevananda: 0811 1995 715

Atau lebih lanjut konsultasikan mengenai produk yang sesuai dengan proyeknya Beva Friends serta memastikan ketersediaan produk melalui kontak dibawah ini :

Telp     : 021 – 641 1624
Email   : sales@bevananda.com

 

Artikel terkait:

Memilih kawat duri
Beva Fence, Uncategorized

Memilih Kawat Duri Untuk Pagar? Ketahui Beberapa Jenis Pilihannya

Memilih Kawat Duri

Dalam memilih kawat duri untuk pagar, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa jenis pilihan kawat duri yang sesuai dengan kebutuhan.

Kawat duri adalah salah satu tipe konstruksi pagar terbuat dari pelintiran 2 atau lebih kawat panjang yang dalam jarak tertentu diselingi puntiran potongan kawat dan ujungnya diarahkan tegak lurus menyerupai bentuk duri. Kawat duri ditemukan oleh Joseph F. Glidden dari DeKalb. Kawat duri pada umumnya difungsikan sebagai pengaman sebuah bangunan atau di perbatasan negara. Memilih kawat duri sebagai pagar keamanan sangat tepat sekali, karena akan menyusahkan orang yang mencoba memaksa melewati sela-sela atau bagian atas dari kawat duri tersebut dan juga dapat menyebabkan luka.

Salah satu keunggulan dari kawat duri adalah mudah dalam pemasangannya, tidak perlu banyak membutuhkan peralatan dan keahlian khusus. Hanya saja, kita harus memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan diri ketika pemasangannya, karena kawat duri ini mempunyai bentuk ujung duri yang tajam. Selain itu, kawat duri juga mempunyai kelebihan lainnya seperti harga yang ekonomis, faktor kekakuan dan kekuatan tarik dengan stabilitas tinggi untuk mencegah tindakan pemotongan atau penghancuran, mudah perawatannya dan dapat dikombinasikan dengan bentuk pagar lainnya.

Kawat duri mempunyai beberapa pilihan material bahan, seperti:

  • Lapis Galvanis

Memilih kawat duri

Kawat Duri Lapis Galvanis

Secara pengertian, galvanis sendiri merupakan sebuah material seng atau zinc yang melapisi suatu baja murni, baja ringan dan besi. Tipe material bahan ini memiliki lapisan anti karat, sehingga banyak digunakan karena mempunyai keunggulan dengan masa pakainya yang bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Lebih tahan korosi daripada kawat duri yang tidak ada campuran galvanisnya.

  • Lapis PVC

Memilih kawat duri

Kawat Duri Lapis PVC

Material PVC itu sendiri adalah salah satu jenis bahan baku kawat pagar yang paling populer, terutama karena daya tahannya yang cukup kuat. Ini adalah lapisan material kawat dengan bahan vinyl. Bahan ini tidak hanya mengurangi kemungkinan munculnya karat pada kawat tetapi juga memiliki kelebihan lain seperti durabilitas yang sangat prima, ringan, tahan terhadap api, tahan terhadap beberapa bahan kimia dan tahan panas. Pagar yang menggunakan kawat berbahan baku ini adalah pilihan yang bagus di iklim yang mengalami berbagai kondisi cuaca.

  • High Tensile Wire lapis  Bezinal® 2000

Memilih Kawat Duri

Kawat Duri Lapis Bezinal

Material dengan bahan yang berlapiskan Bezinal®2000 (Zinc + 10% Aluminium) merupakan jenis kawat kaku (High Tensile Wire) yang memiliki keunggulan/kelebihan pada kekuatannya dan juga mengurangi kelenturan (Elongation). Material bahan ini juga memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap korosi.

Saat awal ditemukannya, kawat duri hanya diperuntukkan untuk menahan pergerakan hewan supaya tidak merusak daerah perkebunan/pertanian. Namun dengan seiring perkembangan zaman, beberapa tempat/bangunan sudah mulai mengaplikasikan kawat duri ini di dalam proses pembangunannya yang difungsikan sebagai pagar keamanan. Beberapa tempat/bangunan tersebut diantaranya:

– Perumahan,
– Pabrik,
– Area komersial,
– Kedutaan,
– Gudang,
– Pelabuhan,
– Bandara,
– Area pertambangan,
– Area perbatasan.

Selain mempertimbangkan material bahan dalam memilih kawat duri, produk kawat duri yang sudah memiliki SNI patut dijadikan sebagai pilihan utama. Karena produk yang sudah mempunyai SNI itu sendiri akan membantu konsumen terbebas dari produk yang berbahaya bagi keselamatan hidup, kesehatan, ataupun lingkungan. Selain perlindungan terhadap konsumen, produk yang sudah mempunyai SNI juga mempunyai manfaat sebagai perlindungan terhadap tenaga kerja yang membuat produk dan masyarakat pada umumnya.

Untuk kategori kawat duri, Bevananda hadir memberikan alternatif pilihan dengan nama BEVA® Barb. Dengan adanya SNI 07-0107-1987 dan sudah lulus uji standar ISO 9001:2015, menandakan bahwa produk kawat duri BEVA® Barb  ini aman dan memiliki standar kualitas terjamin untuk digunakan. Kawat duri BEVA® Barb juga memiliki beberapa pilihan bahan baku yang berkualitas, salah satunya pilihan material bahannya adalah galvanis dengan ketebalan tertentu yang membuat produk menjadi lebih tahan lama.

Untuk konsultasi, memastikan ketersediaan produk maupun sekedar bertanya-tanya.

Beva Friends bisa chat WA kontak dibawah ini :

Chat WA Bevananda: 0811 1995 715

Atau kontak di:

Telp     : 021 – 641 1624
Email   : sales@bevananda.com

Untuk detail info lengkap mengenai produk kawat duri BEVA® Barb di halaman ini www.bevananda.com/bevabarb.

Selain itu,  kawat duri BEVA® Barb sudah tersedia di beberapa marketplace seperti tokopedia dan indotrading.

Artikel terkait:

kawat pagar
Beva Fence

SOLUSI KEAMANAN BANGUNAN MENGGUNAKAN PAGAR PAS DENGAN TAMBAHAN KAWAT PAGAR DURI

Salah satu solusi keamanan untuk sebuah area bangunan adalah dengan pemasangan pagar, menggunakan pagar PAS yang ditambahkan kawat pagar duri dibagian atasnya. Lalu apa itu pagar PAS?, bagaimana dengan fungsi keamanannya?, bagaimana pemeliharaanya? dan yang tidak kalah penting adalah bagaimana dengan biayanya?.

Pagar PAS merupakan bentuk pengembangan pagar yang menjawab beberapa permasalahan sebelumnya yang terjadi dalam dunia konstruksi. Beberapa permasalahan itu diantaranya, daya tahan pagar yang rendah sehingga pagar mudah dirusak dan berkarat. Bentuk panel pagar yang memakan banyak ruang pada saat dimuat ke dalam truk, sehingga biaya pengiriman menjadi  tinggi.

Salah satu yang menjadi keunggulan pagar PAS adalah memiliki bagian yang tajam dan terbuka pada bagian bawah maupun atas pada ujung panelnya. Dengan keunggulan tersebut ditambah dengan pemasangan kawat pagar duri dibagian atasnya membuat pagar PAS ini dapat menciptakan fungsi keamanan maksimal yang kemudian dapat meningkatkan privasi untuk seluruh penghuninya. Hal ini kemudian memungkinkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa khawatir ada orang yang memanjat masuk ke dalam area bangunan Anda. Kondisi tersebut merupakan salah satu alasan mengapa pagar PAS ini dapat meningkatkan nilai pasar properti. Dari segi harga, pagar PAS buatan Bevananda ini mempunyai harga jual panel yang ekonomis berkisar antara harga Rp. 400.000,- sampai dengan Rp. 800.000,- tergantung dari ukuran tingginya.

Masih banyak lagi keunggulan dari pagar PAS sebagai salah satu solusi keamanan untuk sebuah area bangunan, untuk itu mari kita mengenal lebih dekat apa itu pagar PAS dan apa saja keunggulan lainnya dibandingkan dengan produk sejenisnya.

Pagar PAS

Pagar PAS merupakan (Pagar Artistik Standar) yang didesain secara khusus dan sistematik dengan keunggulan dalam hal tingkat kekuatan dan kekakuan yang lebih tinggi dibanding pagar jenis lainnya. Pagar PAS merupakan produk dari PT. Bevananda Mustika yang sudah bersertifikat paten IDS000001461 dari DJKI Kementerian Hukum & HAM RI. Selain itu pagar PAS ini juga sudah mengantongi ISO 9001:2015.

Beberapa area yang dapat diaplikasikan dengan pagar perimeter ini:

  • Perumahan,
  • Pabrik,
  • Gedung perkantoran,
  • Pagar fasilitas bandara,
  • Pagar jalan tol,
  • Pagar jalan,
  • Pinggiran jalur kereta api.

Perlindungan dan Keamanan

Pagar PAS merupakan garis pertahanan pertama di sekitar area properti Anda, sehingga pagar ini dapat berfungsi sebagai pencegah tindakan kriminal yang efektif. Bersama dengan kawat pagar duri, pagar PAS dapat digunakan sebagai standar perlindungan dan keamanan perimeter. Pagar PAS ini dirancang menggunakan kawat berdiameter 4 mm dengan spasi 50 mm dan 100 mm. Dirancang dengan sistem pagar lengkap yang didukung dengan material bahan berkualitas lainnya.

kawat pagar

Cap & clamp pagar BEVA®PAS dibanding dengan pagar lainnya

Pagar PAS hadir dengan ujung bagian atas dan bawahnya yang runcing, sehingga dapat memberikan proteksi tambahan. Sangat berbeda dengan pagar kebanyakan, dimana ujung atas dan bawahnya dibuat segitiga menyiku. Pagar dengan segitiga menyiku itu sangat mudah untuk dipanjat oleh orang lain. Selain itu, pagar PAS mempunyai desain clamp dan cap yang lebih aman sehingga membuat panel pagar lebih sulit dibuka dari sisi bagian depan pagar.

kawat pagar

Hasil uji kekakuan (rigidity test) BEVA® PAS vs pagar lainnya

Pagar PAS ini juga didesain memiliki lekukan di beberapa bagian panelnya, hal ini dapat memberikan daya tahan yang lebih besar terhadap upaya perusakan panel pagar dibanding dengan pagar sejenis lainnya. Dalam sebuah rigidity test yang dilakukan, pagar PAS menunjukkan  hasil 1,6x lebih kuat dan lebih baik dibanding produk sejenis lainnya.

Hemat Biaya Dalam Transportasi Dan Pemeliharaan

Pagar PAS ini juga memiliki kelebihan lainnya selain dari segi keamanannya. Misalnya untuk pengiriman jarak jauh, produk pagar PAS ini dapat menghemat biaya kirim hingga 80% dibandingkan produk pagar lainnya. Hal itu dikarenakan pagar ini mempunyai desain yang compact, jadi pada saat penyusunan barang untuk keperluan pengiriman tidak banyak membuat ruang kosong. Selain itu juga tidak adanya perawatan dalam pengecatan dan penggantian. Oleh karenanya pagar jenis ini merupakan produk yang sesuai dengan memberikan solusi dalam mengurangi anggaran biaya.

Ukuran Panel Lebih Lebar

Pagar PAS memiliki ukuran panel yang lebih lebar dibanding pagar sejenis lainnya. Dimana pagar PAS memiliki ukuran 4% lebih lebar dan dapat menghemat penggunaan tiang pada sebuah proyek pemagaran. Selain itu, ukuran panel yang lebih besar tentunya dapat mengurangi waktu pengerjaan pemasangan. Karena panel pagar yang dipasang akan menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan panel pagar kebanyakan lainnya.

Tersedia dalam 3 pilihan material bahan:

1. Ultra galvanized (continuous hot dip galvanized)

Tipe material bahan ini memiliki lapisan anti karat yang menyebabkan masa pakai bisa tahan hingga bertahun-tahun.

2. Bezinal®2000 (zinc + 10% aluminium)

Kawat baja yang berlapiskan Bezinal®2000 (zinc + 10% aluminium) merupakan jenis kawat kaku (high tensile wire) yang memiliki keunggulan yaitu lebih kuat dan mengurangi kelenturan (elongation). Material bahan ini memiliki ketahanan terhadap korosi yang luar biasa.

3. Powder coating (colours)

Pagar dengan tambahan finishing powder coating memiliki kelebihan tidak mudah tergores, mudah dibersihkan, serta akan membuat permukaan kawat dari pagar tersebut lebih tahan terhadap karat dan cuaca. Serta terlihat lebih estetik. Mempunyai beberapa pilihan warna, seperti: hijau, biru, hitam, putih dan kuning.

Pemilihan material bahan untuk pembangunan proyek harus melalui proses perencanaan yang matang dengan pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, seperti : over budget, waktu pengerjaan tidak sesuai jadwal, material mudah rusak, biaya pengiriman yang mahal dan masa pakai yang tidak sesuai. Pemilihan material melalui proses perencanaan dengan masukan berbagai pihak tersebut dilakukan untuk mendapatkan material bahan yang sesuai standar nasional sehingga aman untuk konstruksi bangunan Anda. Oleh karena itu, kami membuka layanan konsultasi melalui chat WA center Bevananda untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan proyek Anda seperti pagar PAS dan kawat pagar duri.

Untuk konsultasi, memastikan ketersediaan produk maupun sekedar bertanya-tanya.

Beva Friends bisa chat WA kontak dibawah ini :

Chat WA Bevananda: 0811 1995 715

Atau kontak di:

Telp     : 021 – 641 1624
Email   : sales@bevananda.com

Selain itu, untuk detail info lengkap mengenai produk pagar PAS bisa mendownload brosur BEVA® Fence di halaman ini  www.bevananda.com/bevafence dan produk kawat pagar duri BEVA® Barb di halaman ini www.bevananda.com/bevabarb.

 

Artikel terkait:

Kawat bronjong
Uncategorized

Mengenal Gabion (kawat bronjong) Dengan Segala Keunggulannya

Gabion (kawat bronjong)

Sekitar 7.000 tahun yang lalu struktur gabion (kawat bronjong) awalnya dipakai untuk melindungi tepian Sungai Nil. Di era abad pertengahan, bronjong digunakan sebagai benteng militer. Kemudian setelah itu digunakan untuk tujuan struktural dalam arsitektur. Disisi lain ternyata Leonardo da Vinci menggunakan bronjong untuk pondasi Kastil San Marco di Milan. Dalam sejarah baru-baru ini, insinyur sipil telah menggunakan bronjong secara ekstensif untuk menstabilkan garis pantai, tepi sungai, jalan raya, dan lereng bukit dari bahaya erosi.

Gabion berbentuk keranjang persegi panjang yang dibuat dari jaring heksagonal kawat baja galvanis. Keranjang kemudian diisi dengan batu dan ditumpuk satu sama lain untuk membentuk dinding. Gabion bergantung pada interlocking masing-masing batu / bebatuan yang ada di dalam wiremesh untuk kekuatannya, massa atau beratnya sebagai penahan dari pergerakan. Dibeberapa daerah gabion biasa dikenal dengan nama kawat bronjong.

Kawat bronjong digunakan sebagai struktur konstruksi salah satu kegunaannya adalah untuk menstabilkan lereng bukit dengan masalah rawan longsor. Kawat bronjong yang digunakan pada lereng yang curam ini merupakan pilihan yang tepat untuk menstabilkan area yang memiliki karakter tanah rawan pergerakan. Selain digunakan pada daerah yang bertanah, kawat bronjong juga dapat digunakan pada daerah yang berair. Melindungi kondisi tanah dari turbulensi air, kecepatan air, dan tutupan vegetasi yang sedemikian rupa sehingga tanah dapat terkikis akibat aliran air yang cukup deras.

Baca juga: Kegunaan Wiremesh Dalam Konstruksi Bangunan

Kawat bronjong

Beva® Gabion

Dinding Gabion

Struktur gabion yang paling sering terlihat adalah sebagai dinding bronjong. Pada dasarnya, dinding gabion dapat dianggap sebagai gabungan antara batu dan kawat. Material tersebut bersifat sederhana, dimana keranjang kawat dibentuk dan diisi dengan batu yang ditumpuk satu dengan yang lainnya.

Namun terkadang, bebatuan bisa diganti dengan bahan yang berbeda, seperti ubin, pecahan batu bata, bahkan biji pinus dan kerikil. Bahan yang digunakan mungkin memerlukan ketebalan kawat yang berbeda-beda. Sebagai contoh jaring yang lebih tipis mungkin diperlukan untuk menampung bahan yang lebih halus seperti kerikil agar tetap terjaga.

Selain memiliki sisi fungsional yang mengesankan dan mampu menahan banyak tekanan, struktur gabion memiliki tampilan alami yang menjadikannya fitur menarik di banyak taman serta tempat yang lainnya.

Kawat bronjong

Beva® Gabion

Box Gabion

Saat melihat struktur gabion, Anda mungkin akan menemukan beberapa istilah berbeda yang awalnya sulit dipisahkan. Selain dinding gabion, Anda mungkin juga membaca atau mendengar tentang box gabion.

Box gabion merupakan jaring kawat yang digunakan untuk menampung bahan penyusun dinding. Anda harus berhati-hati saat memilih produk box gabion yang tepat, bahan baku yang digunakan pada umumnya adalah galvanis dan galvanis lapis PVC. Untuk material bahan yang lebih ringan, Anda dapat menggunakan opsi jaring las dengan jarak lebar.

Namun saat menggunakan bahan untuk membangun sebuah dinding penahan, Anda sebaiknya menggunakan opsi kawat baja lembaran dengan diameter kawat yang lebih besar untuk memastikan kekuatan struktur dindingnya. Box Gabion mudah dirakit dan tahan lama, dilapisi dengan galvanis atau PVC agar tetap kuat.

Pagar Gabion

Bentuk pagar gabion hampir sama persis dengan dinding gabion, hanya saja fungsinya yang berbeda. Dalam kebanyakan kasus, dinding gabion digunakan sebagai dinding penahan. Artinya, jika Anda memiliki taman atau lanskap apa pun yang dipisahkan menjadi beberapa tingkat, dinding Gabion akan membantu menahan tanah atau kerikil agar tidak tumpah ke tingkat yang lebih rendah. Sedangkan pagar gabion pada umumnya digunakan sebagai pembatas properti.

Keunggulan

Beberapa keunggulan kawat bronjong adalah:

  • Kemudahan penanganan dan transportasi.
  • Bobotnya yang ringan.
  • Dapat dikerjakan tanpa menggunakan mesin berteknologi tinggi.
  • Dapat dipasang di lingkungan yang beragam.
  • Kecepatan dalam pemasangan.
  • Bisa diproduksi dengan berbagai ukuran sesuai kebutuhan.
  • Harga yang bersaing.
  • Fleksibilitas (gabion menoleransi gerakan).
  • Permeabilitas terhadap air (drainase yang baik).
  • Gabion menawarkan metode yang mudah digunakan untuk mengurangi kecepatan air dan melindungi lereng dari bahaya erosi.
  • Dapat mengikuti pergerakan tanah di bawahnya tanpa merusak konstruksi, sehingga sangat fleksibel.
  • Dapat mengurangi tekanan tanah aktif akibat air yang dapat mengalir melalui sela-sela bebatuan isi gabion.

Kekurangan

Beberapa kekurangan kawat bronjong adalah:

  • Secara tampilan bronjong terkadang dikritik karena kurang sedap dipandang mata. Bronjong juga dapat dibuat lebih menarik dengan menggunakan batu yang menghadap ke depan dinding dan dengan membangun vegetasi di ruang antara bebatuan.
  • Membutuhkan perawatan lebih jika salah satu dari tumpukan bronjong rusak.
  • Keranjang kawat yang digunakan untuk bronjong dapat mengalami keausan karena abrasi kawat akibat pergerakan beban di aliran dan aliran yang mempunyai arus kencang.

Perencanaan Penggunaan

Untuk pengemasan dan juga memudahkan dalam pengiriman, kawat bronjong ini disusun dengan posisi dilipat menjadi posisi datar dan ditumpuk menjadi satu. Kawat ini mudah dirakit dengan membuka dan mengikat semua tepi vertikal dengan panjang kabel penghubung yang diikat di sekitar tepi vertikal. Bronjong kosong ditempatkan pada posisinya dan disambungkan ke bronjong yang berdampingan. Setelah itu kemudian diisi dengan batuan seukuran batu besar (diameter 10-30 cm) hingga sepertiga dari kapasitasnya. Dihubungkan dengan kabel, ditempatkan di setiap arah, menyatukan dinding bronjong yang berlawanan. Kabel mencegah keranjang bronjong dari “menggembung” saat diisi. Cara ini diulangi terus sampai bronjong terisi. Setelah diisi, bagian atas ditutup rapat dan disambungkan ke ujung, samping, dan sisi yang lainnya. Selama proses pengisian beberapa jenis tanaman yang dapat hidup dibebatuan, dapat ditempatkan di antara bebatuan. Jika ini dilakukan, beberapa tumpukan tanah harus ditempatkan di bronjong dengan cara acak.

Beberapa bentuk desain yang berbeda sangat dimungkinkan dengan struktur bronjong ini. Memiliki karakter material bahan yang dapat memudahkan untuk dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan oleh pemilik bangunan. Sebagai gambaran jika batuan besar mudah didapat, murah, dan dekat lokasi, maka penggunaan dengan konstruksi dinding batu/turap mungkin bisa diaplikasikan. Sebaliknya, jika batu harus didatangkan dari tempat yang cukup jauh atau hanya tersedia dalam ukuran kecil, dinding bronjong bisa sebagai solusinya.

Karena kawat bronjong banyak digunakan ditempat yang berpotensi erosi tinggi, maka konstruksinya harus diatur sedemikian rupa sehingga dapat dipasang dengan sisi fungsional yang baik dan benar. Kendala pada area dimana kawat bronjong akan ditempatkan harus sudah diantisipasi sebelum pengerjaan pemasangan, agar proses pemasangan dapat sesuai dengan jadwal.

Pemeliharaan

Gabion harus diperiksa secara teratur setelah setiap ada peristiwa badai besar. Karena semua proses pengendalian erosi/sedimen baik yang bersifat sementara maupun permanen harus dipelihara dan diperbaiki secepatnya sesuai dengan kebutuhan untuk memastikan kinerja yang konsisten dari sisi fungsional gabion. Semua perawatan dan perbaikan harus dilakukan sesuai dengan standar yang berlaku.

Detail info lengkap mengenai produk gabion bisa mendownload brosur Beva® Gabion di halaman ini www.bevananda.com/bevagabion.

 

Artikel terkait:

Pagar chainlink
Architecture & Building

Keuntungan Penggunaan Pagar Chainlink

Pagar Chainlink

Pagar chainlink yang biasa dikenal dengan nama (pagar anyam, pagar kawat harmonika) adalah jenis pagar yang umumnya terbuat dari rangkaian beberapa kawat baja berlapis galvanis atau PVC. Kawat-kawat tersebut dipasang secara vertikal dan dibengkokkan menjadi pola zig-zag dan terlihat menyerupai seperti pola berlian.

Pagar kawat harmonika ini menjadi produk pilihan untuk pagar keamanan sudah sejak lama karena faktor estetika, ketahanan terhadap korosi, kemudahan pemasangan, multi fungsi, variasi pilihan dan nilai produk. Pagar tipe ini dapat digunakan untuk penempatan di halaman belakang, lumbung, fasilitas olahraga, hingga lokasi konstruksi.

Keuntungan penggunaan pagar chainlink

  1. Ekonomis

Alasan mengapa sebagian besar bisnis dan pemilik rumah lebih memilih pagar chainlink adalah bahwa pagar tersebut hemat biaya. Dibandingkan dengan pilihan pagar lainnya yang tersedia dan menyediakan fungsi yang sama dalam hal durability dan visibilitas, jenis pagar ini menawarkan harga yang jauh lebih murah. Kebanyakan orang lebih suka karena harganya lebih murah dari harga pilihan pagar lainnya yang tersedia, tetapi dengan tidak mengorbankan keandalannya. Jika Anda hanya memiliki anggaran yang terbatas, pilihan pagar ini adalah opsi terbaik untuk Anda.

  1. Daya tahan

Pagar chainlink merupakan salah satu opsi pagar yang paling tahan lama dalam penggunaannya. Karena dapat dibuat dari berbagai pilihan material bahan. Jika tujuan utama Anda adalah memiliki pagar chainlink yang tahan lama, Anda dapat memilih material bahan dengan jenis kawat yang berlapis PVC (polyvynil chloride), galvanis dan bezinal. Selain itu, penyesuaian lainnya dapat Anda lakukan mengikuti kebutuhan di lapangan.

Baca juga: Kawat silet berkualitas? BEVA® Razor

  1. Ukuran yang bervariasi

Diameter kawat pagar chainlink tersedia dalam berbagai pilihan, yang paling umum adalah ukuran 1,6 mm, 2 mm, 2,6 mm, 3,2 mm, 4 mm. Dengan ukuran mesh yang bervariasi mulai dari 25 mm sampai dengan 100 mm, tergantung dari diameter kawatnya. Bentuk anyaman yang tersedia dipasaran umumnya knuckled-knuckled, twisted-twisted dan knuckled-twisted.

  1. Kemudahan perawatan dan perbaikan

Pagar jenis ini sangat mudah dirawat dan diperbaiki. Setelah dipasang, tidak banyak perawatan yang perlu Anda lakukan untuk menjaganya agar tetap dalam kondisi prima. Jika rusak karena suatu alasan, maka akan dipotong dan kemudian diganti.

  1. Instalasi cepat

Dibandingkan dengan pilihan pagar lainnya, pagar chainlink ini dapat dipasang dengan lebih mudah. Jika Anda menyewa jasa pemasangan yang profesional, pekerjaan ini dapat diselesaikan dengan mudah dalam waktu yang singkat.

Pagar chainlink untuk lapangan olahraga & stadion

Pagar chainlink

www.freepik.com

Pagar chainlink juga banyak digunakan untuk sarana olahraga, karena karakternya yang sesuai untuk digunakan di area tersebut. Material bahan baku yang digunakan pada umumnya kawat galvanis yang di bagian dalamnya ditutup dengan lapisan plastik PVC. Pagar chainlink ini memiliki kelebihan dengan ketahanan korosinya yang kuat dan penampilannya yang menarik. Pilihan warna seperti hijau tua, zamrud dan warna lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pagar chainlink untuk bandara

Pagar chainlink

www.chainlinkinfo.org

Menanggapi wacana tingkat ancaman yang semakin tinggi dan peningkatan keamanan yang dihadapi pemerintah saat ini. Industri pagar telah mengembangkan berbagai macam sistem keamanan perimeter dan keamanan tinggi yang hemat biaya. Sistem tersebut dirancang untuk dapat membantu memperkuat batas pangkalan militer, keamanan area bandara, dan proyek infrastruktur. Bandara sebagai daerah berisiko tinggi yang hanya digunakan untuk kepentingan penerbangan. Persyaratan keselamatan dan keamanan penerbangan jadi ketentuan yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, penggunaan kawat chainlink dengan kombinasi tiang Y, kawat silet atau kawat duri menjadi bentuk pagar perimeter yang banyak diminati untuk proyek pemagaran bandar udara. Memang sudah selayaknya pemagaran untuk bandara itu dibuat seaman mungkin agar tidak mengganggu proses penerbangan.

Pagar chainlink untuk sirkuit

Pagar chainlink

Pemasangan pagar kawat harmonika ini banyak digunakan untuk kawasan sirkuit balap resmi yang membutuhkan keamanan tambahan atau harus menghadapi risiko kendaraan menerobos yang dapat menyebabkan kecelakaan yang lebih parah. Terutama untuk melindungi pembalap dan juga penonton yang kebetulan ada didekat lokasi pada saat kejadian. Dalam pembangunannya harus memperhatikan faktor keamanan dengan standar tertentu yang harus terpenuhi.

 bevananda

Dengan pengalamannya yang lebih dari 25 tahun, maka kualitas produk dari Bevananda ini dari tahun ke tahun semakin membaik. Produk-produk Bevananda sudah banyak tersedia di hampir seluruh market pagar di Indonesia dengan desain-desainnya yang inovatif. Dengan merk dagang “BEVA®” yang sekarang dikenal sebagai spesialis dalam berbagai produk kawat di Indonesia. Mempunyai standar keamanan yang sesuai dengan kebutuhan dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Sebagai manufaktur yang ahli dan terpercaya untuk solusi pagar, pagar BEVA® menawarkan berbagai pilihan pagar dengan kategori Sistem Keamanan Standar hingga kategori Sistem Keamanan Tingkat Tinggi hingga Maksimal (Maximum Security). Menyesuaikan dari kebutuhan dan budget konsumen/pelanggan.

Produk BEVA® Chainlink telah banyak digunakan secara luas dibeberapa site project, turut serta berkontribusi dalam membangun Indonesia. Adanya SNI 07-6503-2001, menandakan bahwa produk ini aman dan memiliki standar kualitas terjamin.

Untuk info lengkap bisa hubungi tim kita di:

Telp: 021 – 641 1624

E-mail: sales@bevananda.com

Dan juga bisa mendownload brosur Beva® Chainlink kita di halaman ini www.bevananda.com/bevachainlink

Selain jual kawat harmonika, Bevananda juga menyediakan berbagai produk kawat lainnya yang bisa dilihat di marketplace tokopedia dan indotrading.

 

Artikel terkait:

 

kawat silet sebagai pengamanan
News

Kawat Silet Sebagai Pengamanan Tambahan Saat Terjadi Kerusuhan

Kawat silet sebagai pengamanan tambahan

Sebelum terjadi kerusuhan, demo maupun huru hara, aparat kepolisian biasanya sudah mempersiapkan pemasangan kawat silet sebagai pengamanan tambahan dan penghalang massa. Kawat silet tersebut banyak digunakan baik itu untuk mencegah, membatasi atau menghalangi penerobosan oleh pihak perusuh dan pelaku huru hara. Produk ini sangat cepat dalam proses instalasinya, dapat dipakai berulang kali dan efektif dalam menghalangi massa agar tidak bisa menerobos.

Kawat silet sebagai pengamanan

Kawat tersebut merupakan kawat dengan duri-duri yang tajam seperti silet dan berfungsi sebagai alat pengamanan yang sangat baik dan efektif. Kawat silet ini terbuat dari material kawat dan plat galvanis yang mempunyai daya anti karat yang sangat baik. Kawat silet dengan material khusus ini mampu bertahan dalam kurun waktu yang cukup lama. Bahkan, kawat ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit sama sekali. Memiliki bagian tepi yang sangat tajam yang berbentuk seperti silet dan bisa melukai siapa saja yang mencoba melewatinya. Jadi, Anda perlu berhati-hati saat memasangnya karena hampir seluruh bagiannya tajam, oleh karena itu, kawat ini banyak digunakan sebagai pembatas pada saat demo untuk antisipasi keadaan menjadi rusuh.

Selain itu, kawat silet ini juga banyak dipasangkan di atas pagar dinding bangunan rumah, perkantoran, rumah sakit, perkebunan, lapas dan gedung pemerintah dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi.

Apa yang harus dilakukan jika kerusuhan terjadi di daerah tempat tinggal Anda?

  • Jika kendaraan Anda diparkir di jalan, pertimbangkan untuk memindahkannya ketempat yang lebih aman.
  • Pertimbangkan untuk merelokasi diri Anda dan orang yang Anda cintai ke lingkungan yang lebih aman.
  • Kunci semua pintu, pagar, gerbang dan jendela di tempat Anda tinggal.
  • Pastikan kamera keamanan Anda berjalan, terhubung ke jaringan, dan merekam apa pun yang terjadi.
  • Jika Anda tinggal di rumah dan kerusuhan terjadi tepat di luarnya, pergilah ke ruang teraman di dalam rumah dan kunci diri Anda. Mungkin ruang bawah tanah, ruang cuci atau apa pun yang memiliki pintu pengunci dan sebaiknya tidak ada jendela.
  • Jika gedung tempat Anda berada mulai terbakar, keluarlah. Hubungi pemadam kebakaran setelah Anda keluar dengan aman dari gedung.
  • Pastikan akses masuk menuju ke daerah tempat tinggal Anda memiliki pengamanan tambahan seperti kawat silet mini deploy system, untuk menghalangi massa perusuh masuk ke dalam daerah tempat tinggal Anda.

Pada akhirnya, menjauhlah dari para perusuh dan lindungi aset berharga anda dari mereka. Dengan menjauhi kerumunan kelompok perusuh dapat meminimalisir anda terluka. Tetap waspada dan hati-hati saat anda terjebak berada di lokasi kerusuhan.

Baca juga :

Kawat silet berkualitas
News

KAWAT SILET BERKUALITAS? BEVA® RAZOR

Kawat Silet Berkualitas

Kawat silet BEVA®Razor merupakan pengembangan dari kawat duri konvensional yang sudah mengalami beberapa pengembangan perubahan bentuk. Kawat silet berkualitas ini memiliki ciri khas tampilan dengan adanya strip logam yang mempunyai tepi tajam dan berbentuk silet, dirancang untuk menimbulkan luka serius pada siapa pun yang nakal mencoba untuk melewatinya. Bahan baku kawat silet mempunyai daya tahan yang baik terhadap upaya pemotongan/perusakan karena memiliki tensile strength yang sudah jauh lebih baik dari pita baja. Kawat silet memiliki fungsi lebih efektif daripada kawat duri dalam hal mencegah penyusup memanjat/memotong kawat.

Produk ini dapat diaplikasi sebagai tambahan aksesoris pada bangunan rumah, gedung dan pagar. Lebih khusus lagi, banyak diaplikasikan untuk bangunan dengan keamanan tinggi seperti Lembaga Pemasyarakatan (penjara). Kawat silet berkualitas dengan material bahan galvanis banyak digunakan karena mempunyai keunggulan salah satunya adalah masa pakai yang bisa lebih lama. Karena lebih tahan korosi daripada kawat silet tanpa campuran galvanis. BTO 22 dan BTO 30 adalah tipe kawat silet yang paling banyak ditemui dipasaran. BTO 22 memiliki ukuran panjang siletnya 22mm, sedangkan jenis BTO 30 mempunyai panjang siletnya 30mm.

Bentuk kawat silet dari BEVA®Razor

Concertina

Kawat silet berkualitas

BEVA®Razor Concertina

Kawat pagar razor/silet berlapis galvanis, tebal, dan tahan karat. Mempunyai bentuk silet sesuai dengan standar militer/kepolisian.

Flat Wrap

Kawat silet berkualitas

BEVA®Razor Single Flat Wrap

Kawat silet berkualitas

BEVA®Razor Continouos Flat Wrap

Kawat silet ini terbuat dari kawat dan plat galvanis yang memiliki daya keamanan yang sangat baik. Kawat silet ini berfungsi sebagai pengamanan dengan level tinggi. Mempunyai ciri khas penampakan bentuk yang datar serta mempunyai 2 macam variasi bentuk, dengan tampilan single flat wrap dan continouos flat wrap.

Spiral

BEVA®Razor Spiral

Kawat silet dengan bentuk ini memiliki tampilan seperti gulungan spiral. Dapat berfungsi sebagai pengamanan tingkat tinggi serta memiliki material bahan anti korosi.

Dari berbagai macam ukuran dan bentuk kawat silet yang Bevananda tawarkan, Beva Friends tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan kalian di lapangan. Mau langsung pesan?

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi:
Telp: 021 – 641 1624
Email: sales@bevananda.com

Kunjungi juga marketplace Bevananda seperti tokopedia dan indotrading, untuk mencari produk-produk kawat pagar lainnya yang berkualitas dan sudah memiliki SNI. Atau bisa juga mengunjungi instagram Bevananda di @bevanandamustika.

Baca juga : Pagar HSS VS Pagar BRC

Kawat Silet
Architecture & Building

MENGENAL KAWAT SILET DAN KAWAT DURI

Pemasangan pagar disebuah area properti dapat memberikan rasa tenang kepada pemiliknya bahwa area tersebut menjadi aman dan terlindungi. Supaya rasa aman tersebut menjadi lebih terjamin, maka perlu adanya pengamanan tambahan pada properti Anda seperti kawat silet, kawat duri dan sistem alarm. Pada proyek tertentu, dalam proses instalasinya  ada yang dilengkapi dengan sistem kamera yang dilengkapi dengan sensor gerak. Proses penambahan beberapa aksesoris keamanan tersebut, sangat membantu sekali untuk memastikan agar pagar tersebut berfungsi efektif dalam hal memberikan perlindungan yang maksimal. Bentuk pagar seperti itu biasanya sebagian besar digunakan pada properti industri atau komersial yang membutuhkan perlindungan extra. Berikut pengamanan extra yang dapat digunakan:

Kawat Duri

Kawat duri

BEVA®Barb

Kawat duri adalah salah satu tipe konstruksi pagar yang terbuat dari pelintiran 2 atau lebih kawat panjang yang dalam jarak tertentu diselingi puntiran potongan kawat yang ujungnya diarahkan tegak lurus pada kawat utama. Kawat duri pada umumnya difungsikan sebagai pengaman bangunan atau perbatasan negara. Produk ini bisa juga disebut kawat duri anti maling, karena apabila ada orang yang mencoba memaksa melewati sela-sela atau bagian atas kawat duri tersebut akan kesusahan dan juga dapat menyebabkan luka. Kawat duri dengan material bahan galvanis biasa juga dikenal dengan kawat duri anti karat, banyak digunakan karena mempunyai keunggulan dengan masa pakai yang bisa lebih lama karena lebih tahan korosi daripada kawat duri tanpa campuran galvanis.

Baca juga: Kawat duri berkualitas? BEVA® Barb!

Produk ini biasa dijual dalam bentuk gulungan/roll maupun meteran. Kawat duri sangatlah mudah untuk diaplikasikan dan cepat untuk pemasangannya, bahkan oleh orang yang belum pernah melakukan pemasangan produk ini sebelumnya. Proses pemasangannya umum diletakkan diatas dinding atau pagar besi beton yang mengelilingi bangunan. Kawat duri ini biasanya dipasangkan pada pagar (pagar BRC, pagar PAS, pagar tembok) dan juga pada tiang langsung. Untuk pemasangannya sendiri ada dua cara, yaitu:

  • Cara pertama memanjang dari satu sisi ke sisi lainnya,
  • Cara kedua adalah melingkar.

Untuk penghematan pemakaian bahan bisa dengan memakai cara yang pertama.

Kawat Silet

Kawat silet

BEVA®Razor

Kawat silet merupakan pengembangan dari kawat duri konvensional yang sudah mengalami beberapa perubahan bentuk. Desain kawat silet mempunyai daya tahan yang baik terhadap upaya pemotongan/perusakan karena memiliki tensile strength yang sudah jauh lebih baik dari pita baja. Kawat silet memiliki fungsi lebih efektif daripada kawat duri dalam hal mencegah penyusup memanjat/memotong kawat. Produk ini dapat diaplikasi sebagai tambahan kedalam bangunan rumah, gedung dan pagar. BTO 22 dan BTO 30 adalah tipe kawat silet yang paling banyak ditemui dipasaran. BTO 22 memiliki ukuran panjang siletnya 22mm, sedangkan jenis BTO 30 mempunyai panjang siletnya 30mm. Kawat silet dengan material bahan galnavis banyak digunakan karena mempunyai keunggulan dengan masa pakai yang bisa lebih lama karena lebih tahan korosi daripada kawat silet tanpa campuran galvanis.

Produk ini tersedia dipasaran dalam bentuk gulungan/roll maupun dalam meteran. Adapun cara pemasangan kawat silet bisa melalui dua cara yaitu :

  • Cara pertama: Dengan cara kawat terlebih dahulu diikat ujungnya dan dibaut dengan bantuan dynabolt baru ditarik dan untuk mengikat ke tembok menggunakan plat penjepit dan dibaut dengan dynabolt.
  • Cara kedua: Dengan menggunakan tiang besi berbentuk T atau Y, tiang besi siku dibaut atau dicor ke tembok baru diikat kawat duri siletnya ke tiang siku tadi, setelah itu baru ditarik, fungsi dari tiang bentuk T atau Y itu selain buat tiang penguat tetapi berfungsi juga untuk dudukan tarikan kawat baja sling, sehingga kawat yang dibentang tampak rapih lurus dan kuat baik sisi kiri kawat silet maupun sisi kanan kawat silet ini.

Sebagai informasi tambahan untuk mencari produk-produk kawat pagar berkualitas dan sudah memiliki SNI, coba kunjungi marketplace seperti tokopedia dan indotrading.

MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG MATERIAL BAHAN BAKU KAWAT PAGAR

Material Bahan Kawat Pagar

Pagar adalah struktur tegak yang sengaja dirancang untuk membatasi atau mencegah gerakan melintasi area yang dibatasi. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah pagar, salah satunya adalah menentukan material bahan kawat pagar yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk menentukan material bahan kawat pagar yang berkualitas dan aman, membutuhkan berbagai macam informasi yang nantinya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Lokasi bangunan, kelembaban udara, polusi, dan bahan kimia dalam tanah, semua hal tersebut juga dapat menentukan ketahanan korosi dari sebuah pagar. Berikut adalah penjelasan dari beberapa material bahan kawat pagar, seperti: wire rod, cold drawn wire, galvanized wire, hot dip galvanized, pvc coating, bezinal 2000.

Wire Rod

Material bahan kawat pagar

Produk setengah jadi berbentuk baja panjang yang terbuat dari billet baja, memiliki penampang bundar dan digulung. Berbeda seperti produk baja lainnya, batang kawat menunjukkan keragaman komoditas. Berdasarkan komposisi kimianya, berikut adalah kelompok produk dan perbedaan dalam penggunaannya yang dapat diidentifikasi:

  1. Batang baja ringan
  2. Batang kawat dengan kandungan karbon sedang atau tinggi
  3. Batang las
  4. Batang baja khusus yang digunakan dalam pengepresan dan ekstrusi panas/dingin.

Cold Drawn Wire

Material bahan kawat pagar

Cold drawn wire merupakan produksi kawat baja karbon rendah yang melalui proses penggulungan hingga memenuhi kekuatan berkualifikasi tinggi. Kawat disiapkan dengan menyusutkan bagian awalnya, dengan memalu, menggulung atau mengayunkan, sehingga akan muat melalui cetakan. Kawat kemudian ditarik, saat kawat ditarik melalui cetakan volumenya tetap sama. Sehingga diameter berkurang, panjangnya bertambah. Biasanya kawat akan membutuhkan lebih dari satu tarikan, melalui cetakan yang lebih kecil berturut-turut, untuk mencapai ukuran yang diinginkan.

Galvanized Wire

Material bahan kawat pagar

Galvanisasi adalah proses dimana lapisan pelindung seng diterapkan dipermukaan baja. Material seng paling sering digunakan karena menawarkan perlindungan katodik yang sangat baik. Berat lapisan, ketebalan dari seng ditentukan dengan pertimbangan seperti : masa pakai kawat, jenis media yang akan terkena kawat, dan biaya.

Hot Dip Galvanized

Material bahan kawat pagar

Hot Dip Galvanized adalah proses melapisi besi dan baja dengan seng, yang menyatu dengan permukaan logam dasar. Ketika dilapisi dengan lapisan galvanis, material bahan kawat pagar ini mampu bertahan sangat lama. Pagar yang menggunakan kawat berbahan baku galvanis ini menawarkan keamanan yang sangat baik karena ada lapisan khususnya dan itu akan membuatnya lebih tahan terhadap efek cuaca.

PVC Coating

Material bahan kawat pagar

Material PVC adalah salah satu jenis bahan baku kawat pagar yang paling populer, terutama karena daya tahannya yang cukup kuat. Pagar dengan material ini dapat bertahan terhadap iklim cuaca, sehingga tidak akan berkarat, retak atau menjadi serpihan ketika terkena suhu panas dan dingin serta kelembaban. Pagar yang menggunakan kawat berbahan baku ini adalah pilihan yang bagus di iklim yang mengalami berbagai kondisi cuaca.
Material bahan kawat pagar

Bezinal 2000

Bezinal 2000 adalah produk dari Bekaert dengan keunggulan bahan kawat yang mempunyai perlindungan tinggi terhadap korosi. Mempunyai komposisi campuran dengan kandungan 90% zinc dan 10% Aluminium. Kawat yang dilapis Bezinal 2000 ini memiliki ketahanan korosi sekitar 6 kali lebih baik dibandingkan dengan kawat galvanis. Ini berkat formasi yang padat dan lapisan passivasi berkualitas tinggi yang utamanya dibentuk oleh aluminium oksida.

Demikianlah sekilas beberapa material kawat yang bisa menjadi informasi dan dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan kawat berbahan seperti apa yang nantinya akan digunakan. Kalau dirasa masih membutuhkan beberapa informasi seputar material bahan baku kawat pagar, Beva Friend juga bisa mendownload beberapa brosur produk-produk Beva® di halaman www.bevananda.com/products

Selain itu, temukan juga produk-produk dari Bevananda yang saat ini sudah tersedia di marketplace seperti tokopedia dan indotrading.

Baca juga : Seberapa Penting Kualitas Pagar Dalam Proses Konstruksi?